Kamis, 30 Mei 2013

MEMBENTUK KARAKTER RASA BELA NEGARA

         Ironis itu adalah kata yang tepat jika kita menengok kondisi kekinian remaja, dan atau anak-anak masa kini. Jangankan hafal sila-sila pancasila apalagi mengamalkannya, paling tidak dengan tahu nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pacasila mereka akan mencintai tanah air ini. Cinta tanah air adalah salah satu hal utama dalam membentuk kharakter warga negara yang baik, dengan menumbuhkan cinta tanah air maka akan menimbulkan rasa bangga menjadi warga negara Indonesia. Dan saya pikir rasa cinta tanah air yang tertanam pada setiap diri sanubari setiap waraga negara Indonesia akan membuat negara Indonesia jauh lebih baik lagi. Kenapa kita harus menanamkan rasa cinta tanah air, karena selain alasan diatas rasa cinta tanah air ini diperlukan sebab tanah air adalah tempat berpijak bagi individu secara kultural dan historis (1).
           Kekuatan dan semangat para pejuang adalah timbul dari rasa cinta tanah air dan bangsa. Mereka saling bahu membahu dalam menghalang kekuatan, mereka adalah pejuang tanpa adanya rasa pamrih, mereka tidak mendapatkan gaji dan penghidupan yang layak. Cara memulai mencintai anak terhadap negaranya melalui pendidikan rumah, dengan mencoba berdiskusi selepas makan terhadap pengalaman orang tua terhadap tokoh perjuangan, menceritakan begitu sulit perjuangan yang dilakukan dalam merebut kemerdekaan, begitu bahagianya kita bernegara, dengan kemajemukan budaya, agama, dan bahasa. Rasa syukur tersebut ditanamkan kepada anak kita untuk senantiasa mulai berfikiran positif terhadap negara. Terbiasa membaca naskah-naskah sejarah perjuangan juga mendorong anak – anak untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.
                   Dalam pidato kenegaraannya di Sidang Pleno DPR menjelang peringatan Hari Proklamasi Ke-55, Mantan Presiden Abdurrahman Wahid memaparkan hubungan antara kebangsaan, kemerdekaan, dan demokrasi yang dikatakannya sebagai senyawa. Yang satu tidaklah mungkin tanpa yang lain (3). Apa hubungannya isi sepenggal pidato itu dengan cinta tanah air itu sendiri, seperti yang saya jelaskan diatas sebelumnya bahwa cinta tanah air idealnya adalah perasaan bangga menjadi warga negara Indonesia, dengan khasanah budaya yang ada dan menerima segala konsekuennya, yakni menjadi warga negara yang baik, patuh terhadap peraturan berupa norma maupun hukum yang tertulis serta ikut serta dalam usaha pembelaan terhadap negaranya, cinta tanah air itu sendiri merupakan pandangan kebangsaan kita terhadap negara ini yang sangat penting kenapa sangat penting, karena merupakan senyawa dari kemerdekaan dan demokrasi yang ada di Indonesia, dengan mensirnergikan ketiganya akan terjadi keharmonisan dalam bernegara. Cinta tanah air sendiri merupakan panadangan kebangsaan karena cara pandang kita tegantung sajauh mana kita memiliki rasa cinta terhadap tanah air, yang kemudian selanjutnya akan menimbulkan sikap yang biasa disebut patriotisme dan nasionalisme yaitu sikap-sikap yang ada dalam diri pejuang yang karena memiliki rasa cinta tanah air yang sangat besar, sehingga mereka rela berkorban dan sebagainya demi negara ini. Dengan cinta tanah air maka harapannya generasi penerus yang akan menjalankan tampu roda pemerintahan akan lebih baik lagi tanpa adanya nafsu pribadi dan lainsebagainya 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar